Office : Komp. Ranca Emas Blok H No. 38, Ranca Manyar Kab. Bandung
Call : +62852-2166-0678 , WhatsApp : +62852-2166-0678

BERKENALAN DENGAN SEBLAK, JAJANAN NGE-HITS BANDUNG

Bandung adalah ratunya kuliner, beragam jajanan bisa ditemukan di sana. Dari yang sudah umum, hingga makanan inovatif, juga rasa manis hingga pedas. Belakangan nama seblak muncul ke permukaan dan penjualnya mudah ditemui di jalan-jalan Bandung. Tapi sesungguhnya apa itu seblak?

www.content.rajakamar.com

Seblak sebetulnya merupakan kuliner kampung yang sudah eksis sejak lama. Namun kini seiring dengan ramainya gerakan pengembalian identitas budaya, banyak makanan jadul yang lama tak terdengar mulai kembali dipasarkan. Tentunya dengan beragam variasi sehingga bisa menarik pembeli. Begitu pun dengan seblak. Kudapan yang satu ini memiliki rasa pedas membakar lidah dan bisa membuat perut panas. Jujur saja, jajanan ini termasuk yang miskin gizi. Ada dua macam seblak, yaitu seblak kering dan basah. Seblak kering berupa kerupuk yang digoreng kemudian ditaburi banyak cabe kering dan beberapa penambah rasa seperti garam sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Dijualnya sudah dalam bungkus plastik dan bisa dijumpai di pusat oleh-oleh Bandung. Kemudian seblak basah yang kini tengah naik daun, dahulunya hanya terbuat dari kerupuk aci (tepung kanji) berwarna oranye yang direbus hingga setengah matang. Setelah direbus dan ditiriskan kerupuk akan dicampurkan dengan orak-arik telur yang diberi bumbu halus bawang merah, bawang putih, garam, cabe rawit merah juga hijau, serta cikur atau kencur. Jika tanpa kencur maka bukan seblak namanya, karena rasanya jadi berbeda.

 

 

www.anakhusnul.wordpress.com

Saat ini seblak basah sudah mulai berevolusi, isiannya tak hanya sekedar kerupuk layu dan telur. Ada yang berisi makaroni, siomay, batagor, kwetiau, sosis, ceker, hingga spaghetti. Jajanan ini banyak digemari karena cita rasanya yang pedas dan gurih. Ya, makanan pedas memang menduduki peringkat pertama di Bandung saat ini. Banyak penjualnyamejeng di dekat pusat perbelanjaan dan sekolah. Satu porsi seblak biasanya dibanderol mulai dari Rp. 5.000 – Rp. 10.000, tergantung pada isi seblak itu. Beberapa penjual seblak yang terkenal adalah Seblak Basah Deu’ Tjenghar yang berada di pelataran Factory Outlet seberang BEC Jalan Purnawarman. Isiannya terdiri dari 6 macam campuran kerupuk, bakso, siomay, dan ceker. Siap-siap ber-huh-hah ria saat menyantap seblak Deu’ Tjenghar. Kemudian ada Seblak Oces, biasa mangkal di dekat pangkalan Damri Dipati Ukur. Seblak Pak Haris di Gang Uta I, Mohammad Toha, menggunakan campuran spaghetti dengan ceker dan kuahnya merah pedas serta mantap. Nah, bagi yang menyukai kuliner pedas, maka silahkan mencoba seblak saat liburan ke Bandung.

 

 

 

Seblak Oces, Alamat : Jl. Purnawarman BEC, UNISBA, Paskal, Jl. Dipati Ukur DU

About the Author

Leave a Reply

*

Scroll Up